TITLE

DENGAN MENGHADIRKAN BERKAT KEPADA DUNIA INI DENGAN TIDAK MELUPAKAN SI PEMBERI BERKAT

Bacaan Alkitab 2 Tahunan – Kamis, 7 Juni 2018

 

Bacaan Alkitab 2 Tahunan:

Yesaya 30:12-31:9; Galatia 5:1-6; Mazmur 63:7-12
JADILAH RELEVAN;

DENGAN MENGHADIRKAN BERKAT KEPADA DUNIA INI DENGAN TIDAK MELUPAKAN SI PEMBERI BERKAT
Amsal 16
25 Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut.
Pesan Tuhan:

Ada banyak orang di muka bumi yang terpikat dengan kenikmatan bumi ini sehingga mereka siang malam mengejar kenikmatan hidup di bumi. Tidak salah menikmati berkat yang Tuhan berikan di bumi ini, tetapi salah kalau orang mencari berkat tetapi melupakan si pemberi berkat.
Berkat yang Tuhan berikan dalam bentuk makanan, pakaian, rumah tinggal, pendidikan, kesehatan, sahabat-sahabat adalah berkat yang Tuhan akan limpahkan bagi orang yang rajin bekerja dan setia kepada sesama. Tetapi yang menjadi masalah adalah jika keuntungan dari hasil usaha mereka dipuaskan hanya untuk kenikmatan diri sendiri.
Jika orang percaya atau gereja tidak mengubah pendekatan kasihnya kepada Tuhan dengan menjangkau sesama, hanya puas dengan dirinya, hanya puas menyembah dalam gedung gereja maka ibadah mereka tidak akan menjangkau dunia ini.Oleh karena itu saatnya semua gereja relevant dengan apa yang dibutuhkan masyarakat sehingga dunia mengenal Tuhan dengan berkat-berkat-Nya.
Aplikasi:
Banyak orang diluar sana mencari berkatnya dan melupakan Tuhan, gereja ada menghadirkan berkat Tuhan, menyediakan makanan, pakaian bahkan rumah tinggal, pendidikan, kesehatan dan yang lainnya dengan menghadirkan Tuhan. Gereja masuk ke marketplace untuk menjadi relevant dengan kebutuhan mereka.
Gereja tidak pasif, gereja melangkah keluar dari gedung gereja menjangkau yang lapar dengan pembagian sembako, memberikan pelatihan kerja bagi mereka yang menganggur, membuka lapangan usaha bagi mereka yang miskin.
Memberikan pakaian dan selimut bagi mereka yang telanjang dan kedinginan. Memberikan pengobatan melalui pengobatan massal, klinik atau rumah sakit, membantu penyediaan rumah tinggal melalui koperasi, menyediakan pendidikan melalui sekolah dan berbagai kesempatan untuk menghadirkan Tuhan dalam hidup mereka sehingga dunia mengenal kasih Kristus.
Jangan sampai dunia berjalan kepada jalan yang mereka anggap lurus tetapi ujungnya kepada maut, kita orang percaya harus keluar menjangkau dunia ini bagi Kristus sekalipun diluar sana banyak terdapat srigala-srigala lapar yang tidak terima kalau daerah kekuasaan mereka terancam. Srigala itu akan berusaha menerkam orang yang membawa sesamanya kepada Tuhan Yesus, juruselamat dunia.
Sebagai orang percaya kita harus berjalan maju terus, jangan takut. Tuhan Yesus dalam doa terakhirnya menyampaikan kepada Bapa-Nya yang di surga agar melindungi kita, orang percaya kepada-Nya pada waktu kita menjangkau dunia ini dari si jahat yang mencoba membunuh kita.
Jangan takut, sebagai orang percaya kita akan disertai oleh-Nya. Pada waktu kita memberi makan, menyediakan lapangan kerja, mengobati masyarakat, membawa pencerahan pada masyarakat dengan pendidikan, dan segala upaya yang kita usahakan maka Tuhan anak menolong kita sehingga dunia sadar akan jalannya yang salah. Kita membawa berkat yang sejati kepada mereka yang membutuhkan dengan menghadirkan Tuhan Yesus, Si Pemberi berkat.
Percayalah, Tuhan akan meneguhkan pekerjaan yang kita lakukan dengan tanda heran dan ajaib, sehingga banyak orang datang kepada Yesus, jalan, kebenaran dan hidup.
Membangun karakter:

Mari hadirkan Kristus, Yesus Kristus, Juruselamat dunia kepada dunia yang berdosa dengan apa yang kita katakan dan kerjakan dengan cara yang relevant sehingga dunia mengenal jalan yang sejati.
Kedua, mari selesaikan pekerjaan yang ditugaskan kepada kita oleh Kristus seperti Kristus menyelasaikan pekerjaan yang ditugaskan Bapa kepada-Nya.
John 17
1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: “Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.

2 Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.

3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

7 Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu.

8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu

10 dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.

11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

13 Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka.

14 Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

15 Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.

16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;

19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;

21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:

23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.

25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *