TITLE

HANYA DEKAT ALLAH SAJA AKU TENANG

Bacaan Alkitab 2 Tahunan – Senin, 4 Juni 2018

 

Bacaan Alkitab 2 Tahunan:

Yesaya 27:1-28:13; Galatia 3:15-22; Mazmur 62:1-9; Amsal 16:19-20
HANYA DEKAT ALLAH SAJA AKU TENANG
Mazmur 62
5 (62-6) Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku.

6 (62-7) Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.

7 (62-8) Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah.

8 (62-9) Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela
Pesan Tuhan:

Ayat ini ditulis oleh Daud yang menghadapi berbagai pergumulan dalam masa hidupnya. Ada masa dimana dia dipercaya oleh ayahnya menggembalakan 4 ekor domba dan ada masa juga dia tidak dipandang oleh ayahnya dalam pemilihan sebagai raja baru yang diurapi.
Ada masa dimana dia harus menghadapi berbagai tantangan dalam penggembalaan, dimana dia harus menghadapi beruang dan singa dan Daud berhasil mengalahkannya. Ada juga masa dimana dia menghadapi Goliat, Goliat menyamakan Daud dengan anjing, bahkan sebelumnya kakaknyapun mencibir Daud dengan kehadirannya di medan perang. Termasuk Saulpun menganggap rendah kemampuan Daud berperang dengan Goliat.
Sampai tiba Daud mengalahkan Goliat, Daud dielu-elukan oleh rakyat tetapi tiba juga hari dimana dia dikejar-kejar oleh Saul dan seluruh Israel diperintahkan untuk mencari Daud untuk dibunuhnya? Selama Daud bersama dengan Saul tetapi balasannya malah raja hendak membunuhnya. Dalam semuanya itu Daud mencurahkan isi hatinya kepada Tuhan dan Daud dalam dunia yang bergejolak itu merasakan bahwa ketenangannya hanya di dalam Tuhan.
Aplikasi:

Dalam kehidupan sekarang dan masa yang akan datang, dalam pekerjaan yang sekarang dan pekerjaan yang akan datang, dalam kita ada sekarang bersama anak dan masa dimana kita berpisah dengan anak, dalam masa kita menderita dengan berbagai kesengsaraan dan kemuliaan di bumi ini dan sampai kita meninggalkan bumi ini, kiranya ketenangan dari Tuhan selalu menyertai kita.
Membangun karakter:

Pertama, dalam semua tokoh di Aklkitab, semua perjalanan baik suka dan duka dilewati sampai tiba pada akhirnya, bagaimana sikapmu pada waktu engkau dipromosikan atau pada waktu engkau mengahadapi penderitaan? Apakah ketenanganmu di dasarkan pada apa yang diluar atau dari dalam?
Kedua, berdoalah untuk semua masalah yang engkau sedang hadapi, terimalah ketenangan dari Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *